Minggu, 18 Agustus 2013

Apa yang kau yakini itu yang kau dapat !

Dalam beberapa bulan terakhir ini, saya mulai sedikit memahami tentang kekuatan keyakinan yang kita terapkan dalam tiap harapan kita, yang kita inginkan untuk bisa tercapai dimasa yang akan datang.
Pemahaman itu mulai terbuka saat seorang teman saya memberikan file video "The Secret" yang dia miliki dikomputernya.

Saya yakin para pembaca disini sudah mengetahui sejak lama video itu, tapi bagi saya yang memang bukan seorang yang berpendidikan tinggi sehingga pergaulan saya pun hanya dengan orang-orang yang belum tersentuh oleh tehnology informasi. Maka dari itu saya jadi tertinggal cukup jauh tentang hal-hal yang berbau tehnology, internet, motivasi, inspirasi, inovasi, dan lain semacamnya. Termasuk menonton video "The Secret" tersebut. Video itu saya dapat secara tak sengaja (tapi saya yakin itu bukan kebetulan), saat saya silaturahim ke teman saya yang kuliah di bekasi. Ikhwan namanya, dia teman baik saya yang memiliki keberuntungan yang lebih dibanding dengan saya. karena dia bisa melanjutkan study nya ke jenjang yang lebih tinggi (kuliah), sedangkan saya hanya mampu kuli'ah alias nguli,hee :D
O iya sekedar informasi aja, yang ngajarin saya main fecebook dan termasuk yang bikinin akun facebooknya juga ya beliau,hee :D
Sekitar tahun 2009 waktu itu, dan saat itu lah saya baru ngerti apa itu yang namanya internet, itu juga cuma baru bisa login, posting, koment dan log out akun facebook, gaptek banget ya saya,xixixii :D
Sekitar tahun 2011 an temen saya itu melanjutkan kuliahnya ke bekasi sedangkan saya masih tetap tinggal di bandung, dari situ kami jarang bertemu. Saat kemudian dia mudik ke bandung, ketika libur lebaran kalau saya ga salah, saya baru bisa bertemu dan bersilaturahim lagi dengannya dan pada waktu itu lah dia ngasih saya file video "The Secret" tersebut.

Untuk isi video itu saya rasa semua sudah tahu, intinya tentang kekuatan keyakinan yang kita miliki. Setelah menonton video tersebut saya mulai teringat kembali hal-hal yang telah terjadi di masa lalu saya, ternyata benar kekuatan keyakinan itu benar-benar terbukti. Banyak hal yang secara tidak saya sadari terjadi setelah sebelumnya saya yakini sesuatu itu akan terjadi.
contohnya,

  • Ketika saya SMA sekitar tahun 2004-an saya ingin sekali bisa komputer dan internet. Akan tetapi pada waktu itu dengan segala keterbatasan saya, saya tidak bisa membeli komputer atau pun ikut kursus komputer tapi saya yakin suatu saat nanti saya bisa komputer dan internet dan itu akhirnya terjadi di tahun 2009. Butuh waktu yang lama memang sekitar 5 tahun tapi keyakinan itu terjadi. 
  • Setelah lulus SMA sekitar tahun 2005/2006 saya lupa tepatnya, saya pernah menuliskan dengan penuh keyakinan, saya harus memiliki tabungan sejumlah "sekian" sebelum saya menikah, dan Alhamdulillah nominal yang pernah saya tuliskan tersebut saya dapatkan sekitar tahun 2012 kemarin.
  • Sebelum saya menikah (saya menikah juni 2012 kemarin), saya dengan istri menginkan istri saya hamil setelah dia diwisuda (oktober 2012), kebetulan waktu itu kita menikah saat istri lagi dalam tahap skripsi. Dan kami yakin keinginan kami tersebut akan terjadi, dan akhirnya itu benar-benar terjadi, saat istri wisuda dia belum hamil sebulan kemudian november 2012 istri mengalami "telat haid" setelah diperiksa ke dokter Alhamdulillah positif hamil, dan Agustus sekarang kami sedeng menanti detik-detik kelahiran anak pertama kami (mohon do'anya supaya lancar persalinannya yah^_^ )
  • Beberapa bulan kemarin istri mengeluh sayuran yang dibelinya banyak yang layu, kebetulan kami belum punya kulkas untuk menyimpannya(maklum kerjaan saya masih serabutan jadi belum kebeli kulkas,hee), tapi waktu itu saya yakinkan ke istri saya kita nanti pasti punya kulkas, dan akhirnya Juni kemarin mendadak kakak harus pindah ke lampung karena suaminya harus tugas dilampung. dan apa yang terjadi, kulkasnya dijual ke saya dengan status dihutangin (sampe hari ini belum saya bayar,xixiii). Dan lagi-lagi keyakinan itu terjadi.
Dan masih banyak lagi keyakinan-keyakinan yang menjadi kenyataan yang terjadi dalam hidup saya. Lalu kemudian apa yang harus menjadi perhatian besar dan perlu digaris bawahi.?

Apakah ini sama dengan impian.?
mungkin ada yang berpendapat hal tersebut sama dengan impian yang menjadi kenyataan, tapi saya pribadi berpendapat beda.
Bagi saya Impian itu harus dilanjutkan dengan aksi/tindakan untuk bisa mewujudkannya menjadi kenyataan.
Tapi untuk keyakinan itu tidak berlaku.
Coba anda baca kembali contoh-contoh keyakina yang terjadi pada hidup saya diatas.

Disana semua keyakinan saya hanya sebatas keyakinan saja tanpa ada tindakan kelanjutannya.
  • Saya yakin suatu saat bisa komputer dan internet, waktu itu yang terjadi saya tidak berusaha untuk bekerja dan dan kemudian hasilnya saya pake untuk beli komputer/kursus. Bahkan yang ada saat saya sudah mulai bekerja saya sudah gak terpikir lagi untuk belajar komputer, tapi pada akhirnya keyakinan itu terjadi.
  • Saya yakin sebelum menikah saya punya tabungan dengan nominal "sekian". Ini juga terjadi diluar nalar dan logika pikiran saya, kenapa.?karena nominal yang saya yakini tersebut nilainya sekitar 3-4 tahun gaji saya waktu itu (gaji kotor full bukan sisa makan), tapi yang terjadi saya dapatkan nominal tabungan itu hanya beberapa bulan saja di tahun 2011-2012.
  • Saya dan Istri saya yakin istri akan hamil setelah wisuda. Dan itu terjadi tanpa kita melakukan usaha/tindakan untuk mewujudkannya. Dari semenjak kita nikah hingga istri diwisuda kita tidak menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan terjadi, dan walaupun begitu ternyata kenyakinan kita akhirnya terjadi juga.
  • Tentang kulkas pun sama, saat saya yakinkan istri kalau suatu saat nanti kita pasti punya kulkas, saya tidak melakukan tindakan untuk mewujudkannya. misalnya dengan menabung sisa uang belanja dapur atau saya cari pinjeman untuk membeli kulkas. Namun lagi-lagi keyakinan itu berbuah nyata, tiba-tiba kakak mendadak harus pindah dan akhirnya keyakinan saya pun terjadi lagi.
Disini saya ingin menekankan bahwa semua keyakinan itu terjadi bukan karena saya adalah orang yang sakti sehingga semua keyakinannya bisa terjadi.
Saya tegaskan lagi bukan!!!
Semua itu riil karena memang dalam Islam pun Allah sudah menjanjikan, seperti yang telah Rosulullah saw sabdakan dalam hadits nya kurang lebih isinya "bahwa Allah itu sebagaimana prasangkaan hamba Nya" (mohon koreksinya jika saya salah, maklum saya gak hapal haditsnya).
Jadi jika kita yakin pada Allah sesuatu itu akan bisa kita raih, maka Allah pasti akan mewujudkannya dari arah yang tidak akan kita sangka-sangka.

Kalau begitu hidup itu cukup dengan yakin saja dong, tanpa harus bekerja dan berusaha lagi.?
Tidak, Bukan seperti itu pemahamannya, :)

Kita tetap harus terus berusaha dan bekerja semaksimal mungkin, karena kita tidak tahu berapa lama Allah akan menjadikan keyakinan-keyakinan kita menjadi kenyataan.
Seperti yang terjadi pada saya, keyakinan saya ada yang menjadi kenyataan setelah 5 tahun lamanya (bahkan masih banyak yang belum terjadi juga ^_^).

"Jadi Intinya tetaplah semangat untuk bekerja keras dan semaksimal mungkin, kemudian mulailah yakini segala harapan, keinginan dan cita-cita kita suatu saat nanti pasti akan menjadi kenyataan."

^_^




4 komentar:

Habib Asyrafy mengatakan...

ini sejalan dengan kenyataan bahwa, "sesungguhnya Tuhan itu sesuai dengan prasangka hambaNya"

jika kau berkeyakinan baik padaNya maka ia akan baik padamu, jika kau melakukan sebaliknya maka yang begitulah yg kau dapat.

SQ mengatakan...

Hal yang juga dikenal dengan "law of attraction". Ini saya kira ialah bukti lainnya, bahwa kita memerlukan tekad kuat untuk mencapai kesuksesan. Tentu saja, kesuksesan dengan versi kita sendiri. Dimana tekad yang kuat, Insya Allah, akan menarik banyak rezeki melalui usaha yang kita lakukan ;)

Abu Caliefs mengatakan...

Yups betul sekali mas-mas :)
Jika kita pikir kembali dengan hati yang jernih, hidup itu ternyata bisa jadi lebih mudah.. ^_^

Husni Dharmawan mengatakan...

Keyakinan + Ikhtiar + Doa = Tidak ada yg mustahil....selama di jalan kebaikan Insya Allah selalu dimudahkan :)

Posting Komentar

 

AKAR INSPIRASI Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger